Dokter Internet dan Blog Dokter

Aktifitas awal Internet Indonesia di bidang Kesehatan

 

Siapa yang belum mengenal dr I Made Cock Wirawan*, pemilik account @blogdokter di dunia maya?

Dalam twitternya tertanggal 20 Desember 2022, dr Made berkicau:

“Sebagai dokter, saya sudah bercengkerama di dunia maya sejak 2001. Lalu mengapa saya memilih nama “blogdokter” bukan “dokter internet”? Karena dokter internet sudah trade mark dokter @eriktapanmd sejak 1996. ?”

 

Kemudian ciutan tersebut mendapat tanggapan,

“Tapi dokter internet tidak seeksis blog dokter, hanya sekedar nama saja yang bahkan kita semua baru dengar sekarang itu dokter internet. Kesan pertama dokter internet ya berkaitan dengan jaringan IP4 IP6 dan teman2nya. “

 

Tanggapan Dokter Internet:

Terima kasih atas responsnya. Ijinkanlah kami memperkenalkan diri sebagai Dokter Internet.

Kami memulai kampanye, “Menginternetkan Dokter & Mendokterkan Internet“, sekitar tahun 1996

 

Waktu itu kami lebih mengfokuskan aktifitas ke Menginternetkan Dokter, sementara TS dr Made lebih ke Mendokterkan Internet.

Kalau aktifitas Mendokterkan Internet berfokus bagaimana Internet bisa menjadi “dokter”, maka Menginternetkan Dokter lebih ke arah, mengajak para dokter untuk mau berinternet.

Jadi segmennya adalah para Dokter. Dengan harapan (waktu itu), jika makin banyak dokter mau berinternet (content creator, istilah jaman now) maka masyarakat makin bisa memperoleh info kesehatan yang baik & benar.

Adapun aktifitas yang kami lakukan:

1. Mengumpulkan para Dokter Indonesia (di seluruh dunia) untuk membuat mailinglist Kesehatan, yaitu Mailinglist Dokter Indonesia (MLDI), bekerja sama dengan ITB. Alamatnya dokter@itb.ac.id. Ini adalah milis kesehatan pertama yang berbahasa Indonesia di dunia.

 

2. Menerbitkan buku Mailinglist untuk para dokter, bekerjasama dengan PT Pratapa Nirmala, sebuah perusahaan farmasi besar di Indonesia.

 

3. Membuat newsletter Dokter yaitu Stetoskop, yang berisi info khusus Dokter, bekerjasama dengan IDI Wilayah Jakarta.

 

4. Membentuk Perhimpunan Informatika Kedokteran Indonesia (PIKIN), bersama dokter & IT people, didukung oleh berbagai fakultas kedokteran di Jakarta dan Universitas Gunadarma, https://doktererik.com/2006/11/14/apa-itu-pikin-perhimpunan-informatika-kesehatan-indonesia/

 

5. Membuat Portal Berita khusus para Dokter bekerjasama dengan PT Kalbe Farma. Pengunjungnya mencapai 20.000 unik visitor per hari.

 

6. Aktif menghadiri dan berpartisipasi pada acara-acara Informatika Kedokteran / Dokter Internet, baik di dalam dan maupun luar negeri. Seperti Seminar Telemedicine di UMY Yogyakarta, UI Jakarta, Atmajaya Jakarta, Malaysia, Taiwan, Leipzig/Jerman, dll. (semua aktifitas ini terekam, baik di web https://eriktapan.com maupun YouTube, yang telah diblog oleh Google sejak nov 22, dan masih kena charge /annual fee pada Jan 23, aneh kan?)

 

 

Waktu itu pemikiran kami, dokter harus mau berinternet agar masyarakat bsa memperoleh info kesehatan yang baik & benar.

 

Semoga bisa dimengerti. Terima kasih.

 

 

* Profil dr I Made Cock Wirawan, bisa dibaca di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150105105113-255-22383/kisah-dr-made-wirawan-dokter-dunia-maya-di-balik-blogdokter

Ada yang bertanya dokter Erik itu dokter apa?
Jawabannya:
Dokter Internet atau telemedis merupakan suatu bentuk layanan dari dokter dan paramedis dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi. Dengan menggunakan teknologi-teknologi seperti kamera web, internet, email dan telepon, pasien dan dokter dapat saling berkomunikasi langsung dan bertukar data serta informasi tanpa adanya kendala ketidaksamaan posisi geografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *