Ginjal  

Benarkah makin tinggi putaran QB makin baik? 

Dokter ingin mengupas kasus ini, https://doktererik.com/2023/01/24/hati-hati-dengan-info-kesehatan-yang-bisa-disalahartikan/

 

Setiap pasien tentu ingin yang terbaik, tetapi hendaklah menyaring info yang diterima dan disesuaikan dengan kondisi tubuh pasien sendiri. Ada perawat/dokter di ruang HD. Manfaatkanlah. Seringlah berdiskusi dengan mereka mengenai kondisi Anda. Jika masih kurang yakin, bisa bertanya ke perawat/dokter lain. Ini hak pasien, second opinion. Tentu pertanyaan perlu disampaikan secara baik dan sopan. Bina hubungan yang baik dengan tenaga kesehatan.

 

Pertanyaannya, apakah benar makin tinggi QB, makin bersih? 

Tentu jawabnya iya, tetapi ada hal-hal yang harus dipertimbangkan. Tubuh harus dalam kondisi fit dan peningkatan QB perlu dilakukan secara bertahap.

Meskipun Dokter hanya menganjurkan cukup mencapai kt/v hingga 1,8 saja, jika Anda ingin lebih bersih lagi, perlu mempersiapkan diri:

1. Harus aktif berolahraga

2. Harus memperhatikan hal-hal yang bisa mempersulit, seperti tensi yang tinggi atau jumlah cairan yang ditarik saat itu. Maksimal 5% dari berat badan kering. Jika kenaikan berat badan sudah lebih, lebih baik main aman saja karena jantung Anda sudah bekerja keras. Bisa berpengaruh ke tekanan darah Anda. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan pecah pembuluh darah.

 

Intinya jika ingin menerapkan sesuatu, pelajari dulu, cari tahu untung ruginya dan bertanya kepada Dokter / Perawat yang menangani Anda langsung.

 

Jangan terpengaruh dengan info-info dari pasien lain, karena masing-masing pasien memiliki kondisi tubuh yang berbeda.

 

Yang penting, jadikan dokter teman diskusi. Jangan karena peroleh informasi dari forum diskusi, kemudian mengatakan, “Dok disuntik zat besi dong”.

 

 

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *