Ginjal  

Yang perlu dilakukan sebelum Cuci Darah

Informasi dalam rangka World Kidney Day

Dok, Bpk saya punya riwayat sakit gula. Bulan lalu baru dirawat karena gula darahnya drop / hipoglikemi. Dan ternyata Bpk saya sudah gagal ginjal stadium 5.

Dokter memang belum menyarankan untuk cuci darah.

Apa yang saya harus lakukan ya dan bagaimana proses cuci darah itu dari awal hingga selesai?

Mohon infonya, banyak terima kasih.

 

Jawab:

Pertama-tama Dokter turut prihatin dengan kondisi Bpk Anda. Memang penyakit gula merupakan penyebab terbesar gagal ginjal hingga cuci darah.

Dokter Ginjal Bpk Anda tentu punya pertimbangan sehingga belum meminta Bpk Anda melakukan cuci darah.

Untuk itu, pasien harus hidup dalam kondisi yang disebut pre dialisis. Silakan berkonsultasi dengan Dokter Ginjal dan Ahli Gizi untuk dietnya. Diet pasien pre dialisis sangat berbeda dengan diet pasien dialisis. Jadi pastikan mendapat informasi yang benar dan tidak terpengaruh dengan sharing-sharing pasien dialisis di forum / group diskusi.

 

Operasi A-V Shunt dan Asuransi

Selain mengenai diet, Dokter sangat menyarankan agar pasien segera melakukan operasi A-V Shunt / Cimino karena proses Cuci Darah memerlukan hal tersebut. Sayangnya cimino baru bisa digunakan minimal 6 minggu setelah operasi sehingga jika pasien belum bisa menggunakan ciminonya, perlu dilakukan operasi Catheter Double Lumen (CDL) untuk sementara waktu. Jangan dibalik ya. Operasi cimino setelah CDL. Ini salah kaprah dan menyebabkan pasien harus melakukan 2 kali operasi. Operasi CDL perlu dilakukan kalau cimino belum bisa digunakan. Jika pasien sudah bisa menggunakan cimino-nya, maka dia tidak perlu dioperasi CDL. Karena itu perlu dilakukan operasi cimino jauh-jauhh sebelum memulai proses cuci darah.

Juga sebaiknya pasien segera mengurus Asuransi BPJS Kesehatan, sebagai satu-satunya asuransi kesehatan yang mau menerima pasien dengan kondisi existing penyakit ginjal di Indonesia.

Mengenai proses cuci darah, silakan menonton video-videonya di https://s.id/tipscucidarah

Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

 

 

Informasi ini disampaikan dalam rangka Hari Ginjal Sedunia / World Kidney Day, yang jatuh pada tanggal, Kamis, 9 Maret 2023.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *