Surat terbuka kepada Bpk Presiden Joko Widodo / Bpk Menkes Budi Gunadi

Sehubungan dengan himbauan Bpk Presiden hendaknya masyarakat Indonesia lebih memilih berobat di dalam negeri ijinkanlah kami, selaku pengamat perumahsakitan memberikan sekedar saran.

Yang pertama, jika Pemerintah serius ingin agar masyarakat Indonesia (yang sering ke LN) mau berobat ke dalam negeri, bisa meniru membuat badan sejenis MHTC dari Pemerintah Malaysia.

Yang kedua, gedung yang mewah bukanlah satu-satunya yang bisa menarik pasien Indonesia yang sering ke luar negeri. Yang paling penting adalah:

  1. Ketepatan Diagnosis
  2. Menghargai waktu pasien
  3. Keterbukaan informasi tentang apa yang akan dilakukan
  4. Komunikasi yang baik dari petugas kesehatan

Semoga bisa dimengerti. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Kami hanya ingin melihat layanan kesehatan yang lebih baik di Indonesia

 

Sebagai salah satu referensi, ijinkanlah kami mengutip tanggapan dari salah satu pihak yang pernah bekerja di Wisata Medis, sebut saja namanya Agnes.

Dokter mengenal Agnes karena pernah menawarkan kerjasama untuk mengirim pasien ke luar negeri. Mungkin karena pergaulannya bisa dibilang luas, jadi pekerjaanya di sekitar dunia Wisata Medis.

Menanggapi info-info yang Dokter pernah sampaikan mengenai Marketing Perumahsakitan / Wisata Medis di https://DokterErik.com, tidak tahan ia berkomentar. Begini komentarnya.

 

Mengenai MHTC vs IMTB

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)

Indonesia Medical Tourism Board (IMTB).

Menurut Agnes, meskipun sama-sama mengurus wisata medis, tapi MHTC langsung diurus oleh Pemerintah Malaysia sedangkan IMTB itu milik swasta. Jadi beda Dok. Katanya MHTC itu not for profit. (Benar kan dugaan Dokter, semakin tinggi penanggung jawab projectnya semakin halus mainnya, baca ini deh, https://doktererik.com/2023/03/12/ini-rahasia-pelayanan-prima-rumah-sakit-di-malaysia/)

Selayaknya kalau mau serius, Pemerintah Indonesia bisa segera membuat badan sejenis MHTC dan menetapkan target-targetnya. Jangan membiarkan para pemain melakukan sendiri-sendiri. Kasihan.

 

Mengenai fisik bangunan Rumah Sakit yang megah dan modern

Mengenai ketertarikan pasien Indonesia berobat ke luar negeri, bukan hanya karena gedungnya yang megah dan modern. Banyak bangunan rumah sakit di Malaysia tidak bisa dibilang mewah. Paling hanya beberapa rumah sakit yang mewah gedungnya. Kalau di Pemang sih nggak ada kayanya yang bagus gedungnya. Masih lebih bagus gedung-gedung Rumah Sakit di Indonesia.

 

Demikian informasi yang bisa kami berikan.

Sehat selalu untuk kita semua.

 

 

 

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *