GRATIS Biaya Pendidikan Dokter Spesialis asal (usul) 

dari pemerhati Informatika Kedokteran / Dokter Internet

Ada berita gembira bagi para dokter termasuk dokter gigi. Pemerintah merencanakan menghapus biaya pendidikan dokter untuk menjadi Spesialis.

Kita sudah ketahui bersama, satu-satunya negara yang masih mengharuskan dokter untuk membayar biaya pendidikan menjadi spesialis adalah Indonesia. Hal ini menyebabkan tidak mudah bagi seorang dokter untuk menempuh pendidikan spesialis jika belum mempunyai tabungan yang cukup. Karena bukan hanya membayar biaya pendidikan, namun karena selama pendidikan dokter tidak punya kesempatan banyak untuk praktek mandiri, jadi biaya rumah tangga pun bisa-bisa menjadi halangan.

 

Untunglah saat ini Pemerintah melalui Kemenkes menyadari hal ini. Pada rapat Sosialisasi Rancangan Undang-undang Kesehatan yang baru, Dirjen Nakes Kemenkes RI, Drg. Arianti Anaya, M. KM, Kamis 30 Maret 2023 menjelaskan bahwa nantinya para dokter yang menempuh pendidikan Spesialis di rumah-rumah sakit, akan dibayar bukan oleh rumah sakit tetapi oleh BPJS. Dan jika memang masih ada biaya lainnya akan ditanggung oleh Pemerintah. Keren banget. Sekarang siapapun yang memiliki potensi menjadi spesialis bisa lebih mudah mencapainya.

 

Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui

Sebagai seorang pengamat (khususnya Informatika Kesehatan), Dokter ingin mengusulkan agar:

  1. Untuk meratakan distribusi Dokter Spesialis di Indonesia, alangkah baiknya ada pemetaan kebutuhan Dokter Spesialis berdasarkan trend penyakit dan demografi.
  2. Dari situ bisa direncanakan jumlah pusat pendidikan spesialis (di daerah) dan kuota dokter yang bisa diakomodir.
  3. Lakukan test masuk secara online (fair) berdasarkan point no. 2 dengan kewajiban kontrak kerja.

 

Menurut Dokter, usulan di atas akan lebih mudah terlaksana jika Kemenkes memiliki aplikasi yang mumpuni dan yang penting anti hack. Tidak akan bocor.

 

Demikian sedikit usulan dari kami.

 

Sebuah catatan pribadi

Dokter salut dan kagum dg Ibu Drg. Ari yang memimpin rapat di atas. Orangnya sangat akomodatif dan penuh canda dalam mencairkan suasana. Tahu kan pembahasan topik ini bisa dibilang cukup hangat. Namun saat memerlukan sikap lunak, Ibu Ari akan melunak dan saat perlu ketegasan beliau bersifat tegas. Sungguh beruntung KEMENKES memiliki orang seperti beliau. Bisa nggak ya, suatu saat Dokter ingin bertemu langsung??

 

 

Dr. Erik Tapan, MHA

Web Dokter Internet, https://DokterErik.com

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *