Seberapa sering Medical Check up

Lanjutan dari topik sebelumnya, CERDIKLAH

Seberapa sering Medical Check up

Tanya:
Dok, hasil pemeriksaan saya, dinyatakan penyakit ginjal stadium 2. Seberapa sering saya mesti melakukan cek kesehatan?

Jawab:
Turut prihatin dengan kondisi kesehatan Anda. Tidak ada yang standard dalam menentukan seringnya Cek Kesehatan bagi pasien. Semua itu tergantung hasil pemeriksaan kondisi tubuh oleh dokter Anda.
Pada prinsipnya jika ada penyebab gangguan ginjal selain karena: radang ginjal, polikistik, maka perhatian harus ditujukan kepada penanganan / pengontrolan penyakit co-morbid tersebut. Contohnya: pasien dengan hipertensi harus benar-benar bisa mengontrol tekanan darahnya (tentu dengan bantuan dokter), begitu pula pasien penyakit gula dan penyakit lainnya yang membuat Anda berada pada stadium 2 tersebut.
Jangan dulu terlalu peduli dengan larangan2 seperti pada pasien ginjal stadium 4, misalnya. Hidup dan nikmati seperti biasanya saja
Dan yang paling penting, JANGAN PERNAH mencoba herbal/ramuan-ramuan yang kata orang bisa menyembuhkan darah tinggi, sakit gula atau bahkan sakit ginjal sekalipun. Kalau ingin mencoba alternatif, cobalah metode yang tanpa meminum/makan apapun seperti: berdoa, pengobatan enersi, dll.
Jagalah baik-baik ginjal Anda sehingga tidak cepat cuci darah.
Sehat selalu.

Topik sebelumnya:

https://doktererik.com/2023/04/30/cerdiklah-cegah-penyakit-ginjal-kronis-gagal-ginjal/

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *