Apa yang harus dilakukan kalau eGFR 40% / gangguan fungsi ginjal?

Ini jawaban juga untuk pasien-pasien Penyakit Ginjal Kronis stadium 2

Apa yang harus dilakukan kalau eGFR 40%?

Perjalanan Penyakit Ginjal Kronis itu memakan waktu bertahun-tahun hingga puluhan tahun.
Secara sederhana, kategori keparahan Penyakit Ginjal Kronis dibagi 5 berdasarkan nilai GFR:
(lengkapnya bisa nonton ini: https://youtu.be/JgWcwrZmgXk)

  • sama atau diatas 90 : normal atau gangguan ringan
  • 60 – 89 : stadium 2
  • 30 – 59 : stadium 3
  • 15 – 29 : stadium 4 atau pre dialisis
  • kurang dari 15: stadium 5 atau dialisis

Setiap stadium itu bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun hingga puluhan tahun, apalagi jika penyakit yang mendasarinya (hipertensi, gula, dll.) bisa dikontrol. Mungkin saja pasien meninggal bukan karena ginjal tapi penyakit lain termasuk penyakit ketuaan lainnya.

Apa yang harus dilakukan?
Kalau nilai eGFR sudah 40 berarti sudah di stadium 3.

Sebenarnya pasien dengan stadium 3,  bisa dibilang masih jauh dari proses cuci darah. Tapi memang harus berjaga. Kalau pinter2 menjaga kesehatan,  masih bisa (bahkan lebih dari) 30 – 40 tahun sebelum harus cuci darah. Bagaimana menjaga kesehatan agar tidak cepat jatuh ke Gagal Ginjal, bisa baca ini: https://doktererik.com/2023/04/30/cerdiklah-cegah-penyakit-ginjal-kronis-gagal-ginjal/ .
Karena itu kalau ditanya apa yang perlu dilakukan, Dokter membagi atas 2 bagian besar:
1. Yang tidak berhubungan langsung dengan Kesehatan
2. Yang berhubungan langsung dengan Kesehatan

A. Yang tidak berhubungan langsung dengan Kesehatan

1. Segera cari dan ikut asuransi kesehatan
Jangan lupa, ikut BPJS Kesehatan dan jikalau ada rejeki ambil asuransi kesehatan swasta. Tentu pasien harus jujur menceritakan riwayat penyakitnya jika ingin menutup asuransi swasta. Sekarang ini ada asuransi swasta yang mau mengambil nasabah dengan kondisi seperti ini, tapi umumnya tidak boleh mengklaim dalam 1 tahun awal. Satu tahun mah lewat, jangan takut.
Kenapa harus memiliki asuransi kesehatan swasta?
Pengalaman Dokter melihat pasien2 gagal ginjal yang berobat, ternyata saat naik kelas perawatan (koordinasi manfaat), lebih mudah mengurus kombinasi BPJS Kesehatan dengan asuransi swasta dibandingkan BPJS Kesehatan dengan bayar sendiri (mungkin kondisi ini bisa berubah sewaktu-waktu). Lengkapnya, bisa nonton ini: https://youtu.be/o6iqf1zyBbY

2. Usahakan (jika memungkinkan), lakukan perjalanan wisata minimal setahun sekali. Sebab saat pasien sudah memulai proses cuci darah, agak sukar (bukan tidak mungkin lho) melakukan hal ini. Nggak perlu jauh-jauh/mahal, wisata dalam negeri sudah cukup baik koq saat ini, seperti ke Labuan Bajo (NTT), Likupang (Sulut), Raja Ampat (Papua) bagi yang senang dengan suasana alam.
Dalam melakukan perjalanan wisata jangan terlalu berpikir tentang diit / larangan makan / minum ini itu. Stadium 3 sebenarnya bisa hidup normal asalkan tidak makan / minum yang berlebihan dan yang paling penting mengontrol penyakit penyebab penurunan fungsi ginjalnya, apakah hipertensi, diabetes atau asam urat, dll. Prinsipnya pasien harus berjaga/peduli/aware tetapi jangan sampai overthinking sehingga tidak bisa menikmati hidup lagi. Stadium 3 itu, kata orang, Belanda masih jauh.

B. Yang berhubungan langsung dengan Kesehatan

Penyakit gagal ginjal kronis itu unik. Prosesnya bertahap dan setiap tahap tidak bisa kembali. Belum ada cara yang Dokter tahu yang bisa mengembalikan secara permanen, dari tahap 4 kembali menjadi 3 dstnya. Adanya dengan melakukan diet ketat (biasanya mengurangi konsumsi protein), bisa terjadi sedikit perbaikan fungsi ginjal untuk kemudian akan kembali menjadi lebih buruk. Hanya soal waktu. Hal ini yang sering digunakan oleh penjual-penjual obat/suplemen atau pun metode pengobatan alternatif lainnya. Mereka menganjurkan pasien untuk berdiet dan setelah dicek memang terjadi perbaikan fungsi ginjal. Nggak apa2 sih, memang pasien ginjal kronik sebaiknya melakukan diet protein. Mengenai cara dan detilnya tentu sebaiknya berkonsultasi dengan Dokter Ginjal atau Penyakit Dalam karena setiap pasien jenis dietnya akan berbeda-beda sesuai kondisi penyakitnya.
Namun ada berita gembira. Meskipun masih dalam penelitian, ahli ginjal kepresidenan RI, dr Johny, saat ini sedang melakukan penelitian yang disebut metode V-cell yang tujuannya memperbaiki fungsi ginjal serta mengurangi proteinuria (salah satu tanda keparahan penyakit ginjal, bisa lihat di tabel). Videonya bisa lihat di sini, https://youtu.be/5Mwz6EvSUYw. Bagi pasien yang memiliki akses ke RSPAD Gatot Soebroto, silakan berobat ke dr Johny di RS tersebut. Siapa tahu masih ada kesempatan berpartisipasi dalam penelitian beliau.
Akhirnya tiba pada akhir tulisan ini. Kesimpulannya, jagalah kesehatan tubuh Anda termasuk organ ginjal. Jika sudah ada gangguan, rutin melakukan medical check up (baca ini: https://doktererik.com/2023/05/07/seberapa-sering-medical-check-up/ ) dan selalu berkonsultasi dengan dokter. Jangan tunggu hingga sudah parah penyakitnya.

Salam sehat selalu.
https://DokterErik.com, web Kesehatan dan Perumahsakitan
Podcast tentang Cara Mudah dan Murah Mencegah Penyakit Ginjal, klik:

https://youtu.be/7Lcf-K2E6Iw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *