Bisakah ke dokter ginjal / spesialis lain menggunakan BPJS? 

Pengalaman nyata menggunakan BPJS

Doctor close-up of a doctor showing a picture of a kidney on a tablet in a hospital

Dok, saya tertarik untuk memeriksa kesehatan saya dengan Dokter Ginjal. Bisakah berobat ke Dokter Ginjal menggunakan BPJS, bagaimana caranya? 

 

Jawab:

Secara prinsip jawabannya bisa. Banyak koq pasien2 gagal ginjal yang berobat ke Dokter Ginjal menggunakan BPJS. Sayangnya jika Anda belum gagal ginjal, menggunakan BPJS, tak semudah yang dibayangkan. Penyebabnya karena sistem pengobatan BPJS menggunakan sistem berjenjang. Dokter Ginjal seperti diketahui adalah jenjang setelah keluhan pasien tidak tertangani saat berobat ke Dokter Umum hingga Dokter Penyakit Dalam. Dengan kartu BPJS, pasien pertama-tama diminta berobat ke Puskesmas / Klinik Pratama / Praktek Dokter Mandiri. Jika pada lapis pertama ini, Dokternya belum bisa menangani keluhan Anda, baru akan dirujuk ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit tipe C, tipe B, dstnya.

 

Jadi saran Dokter jika Anda bukan pasien cuci darah jika ingin berobat langsung ke Dokter Ginjal, carilah tempat praktek Dokter Ginjal di bagian Swasta (non BPJS) dari RS Pemerintah atau RS Keagamaan. Umumnya harga konsultasi Dokter tidak semahal RS Swasta.

 

Semoga bermanfaat.

https://DokterErik.com, web Kesehatan dan Perumahsakitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *