Ginjal  

Pasien Gagal Ginjal jangan buru-buru konsumsi suplemen kalsium

Salah kaprah yang fatal akibatnya

Ada pertanyaan yang masuk ke Dokter, Dok suplemen kalsium yang bagus apa ya, tulang2 saya sudah mulai sakit. Saya pasien HD sudah 5 tahun lebih dan hasil lab, kalsium saya rendah sedangkan fosfor tinggi.

Jawab:

Salah satu keluhan yang membuat seorang pasien HD peduli dengan kadar kalsium adalah saat sudah mulai nyeri tulang. Setelah dicek ternyata kadar kalsiumnya rendah. Secara logika pasien akan berpikir dia butuh suplemen kalsium. Harapannya dengan minum suplemen kalsium, nyeri tulangnya perlahan akan menghilang.

Logika demikian memang masuk akal jika itu terjadi pada orang sehat. Namun akan berbeda jika terjadi pada pasien gagal ginjal atau cuci darah. Jika pasien tanpa sepengetahuan dokter mengkonsumsi suplemen kalsium lama kelamaan bisa terjadi kalsifikasi pada pembuluh darah. Akibatnya apa? Akses cuci darah atau cimino bisa mengeras sehingga perlu dibalon atau dibuat baru lagi. Atau terjadi peningkatan tekanan darah yang sukar dikendalikan dengan obat-obatan.

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Pada pasien gagal ginjal ada keterbatasan tubuh menyerap kalsium karena kekurangan vitamin D aktif dan parahnya lagi kalsium yang ada di tulang ditarik sama fosfat, sehingga terjadi keropos tulang.

Solusi bagi mereka yang sudah mulai nyeri tulang, segera berkonsultasi dengan Dokter Ginjal Anda. Siapa tahu belum terlambat dan memerlukan suplemen baik binder fosfat maupun suplemen yang bisa lebih meningkatkan absorbsi kalsium.

Yang parah, tulang keroposnya mesti juga diobati. Kalau tidak bisa terjadi nyeri berkepanjangan dan mudah terjadi patah tulang.
Sehat selalu ya teman2.

Catatan:
Tips-tips seperti ini bisa diperoleh di buku Gagal Ginjal Kronis dan Cuci Darah, pre order klik: https://s.id/cucidarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *