Buku Penyakit Ginjal Kronis & Hemodialisis sudah diterima Penerbit

Estimasi launching akhir tahun 2023

Puji Tuhan akhirnya proses editing naskah buku Penyakit Ginjal Kronis & Hemodialisis selesai. Saat ini sudah dalam proses lay out dan design.

Jumlah halaman diperkirakan lebih 100 halaman dengan isi yang lebih lengkap dari sebelumnya. Banyak terima kasih penulis ucapkan kepada editornya yang namanya nanti akan dicantumkan dalam buku tersebut.

Sangat telaten dan sabar orangnya.

Begitu pula dengan tim design & lay out.

Semua bekerja profesional karena memang penerbitnya adalah salah satu atau mungkin merupakan penerbit terbesar di Indonesia.

Sungguh beruntung naskah penulis bisa diterima.

 

Materi yang tidak diajarkan di bangku kuliah

Buku ini kalau nggak salah merupakan buku pertama yang memuat informasi detil mengenai Hemodialisis atau Cuci Darah yang dikhususkan untuk pasien-pasien Cuci Darah pemula, meskipun tidak tertutup kemungkinan bisa juga menjadi bacaan pasien Ginjal Kronis yang belum Cuci Darah dan mempunyai cita-cita untuk tidak sampai ke arah sana.

Sebagian materi buku ini jika ada Dokter / Perawat yang ingin mempelajari secara serius bisa mengikuti pelatihan Hemodialisis yang harganya 10 – 20an juta rupiah selama kurun waktu 3 bulanan.

Itupun tidak semua Rumah Sakit memiliki ijin memberi pelatihan tersebut. Kalau nggak salah di Jakarta hanya ada 3 hingga 4 Rumah Sakit saja.

Jadi kalau ada yang bertanya, apakah info yang ditulis dalam buku tersebut diajarkan di bangku kuliah? Menurut pengalaman Penulis, sebagian besar tidak, dokter / perawat yang ingin mendalaminya perlu mengikuti kursus di atas. Umumnya mereka yang bertugas mengabdi di pusat-pusat Hemodialisis di Klinik maupun Rumah Sakit.

 

Kesimpulan

Pesan penulis untuk pasien gagal ginjal, berusahalah mempelajari ilmu dialisis agar bisa hidup nyaman dan minim komplikasi, antara lain dengan membaca buku Penyakit Ginjal Kronis dan Hemodialisis karya Dr. Erik Tapan, MHA. Akan segera terbit diakhir tahun 2023 ini.

 

Artikel yang terkait

Info & Pre Order, klik:

https://doktererik.com/2023/09/24/segera-terbit-buku-panduan-cuci-darah/

 

https://youtube.com/shorts/4Hc0nSlOvpI

 

 

 

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *