CERDIKLAH Cegah Penyakit Ginjal Kronis / Gagal Ginjal

Sering memberi edukasi kesehatan terutama Penyakit Ginjal Kronis hingga Gagal Ginjal membuat Dokter sering ditanya, bagaimana cara murah dan mudah serta ampuh untuk mencegah Sakit Ginjal. Seperti diketahui, penyakit Ginjal tahap awal itu TANPA gejala (silent disease), oleh karena itu sangat penting melakukan hal-hal pencegahan seperti tips yang Dokter kumpulkan dari berbagai sumber.

 

Agar lebih mudah mengingatnya, Dokter buat ringkasannya, CERDIKLAH.

 

Hidup sehat dengan CERDIKLAH

 

– Cek Kesehatan (Medical Check Up) secara berkala. Pada usia produktif / pekerja kantoran, minimal setahun sekali. Jika ada penyakit penyerta lainnya (co-morbid), tergantung anjuran dokter Anda. Menjaga kesehatan secara serius harus diperhatikan saat Anda berusia 30 tahun. Untuk kendaraan Anda saja, jika mau prima setiap waktu, harus rutin dan berkala dibawa ke bengkel, apalagi dengan tubuh Anda yang bekerja 24 jam sehari.

 

– Enyahlah (jauhilah) bahan-bahan yang berisiko merusak tubuh jika dikonsumsi/digunakan secara rutin dan terus menerus. Contohnya: minuman penambah enersi, jamu2 yang tidak jelas isinya (pelangsing tubuh, dll.), kosmetik abal-abal, termasuk menjauhi asap rokok (meskipun passive smoker). Memang sakit akibat konsumsi/terpapar rutin bahan-bahan di atas, tidak segera / akut, bahkan ada yang masih kontroversial, tapi Dokter sering menjumpai pasien-pasien gagal ginjal akibat rutin mengkonsumsi / menggunakan bahan2 di atas. Pilihan terserah Anda.

 

– Rajin melakukan aktivitas fisik / berolahraga. Lakukan minimal 5 hari @30 menit per minggu. Gunakan pedoman FITT.

 

РDiet sehat dengan kalori yang seimbang. Batasi makanan instant, tinggi garam, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi asam urat, dll. Jagalah berat dan komposisi badan ideal Anda. Paling mudah, rutin mengukur lingkar pinggang Anda. Pada wanita Asia, secara medis ukuran pinggang ideal sebaiknya tidak lebih dari 80cm, sedangkan pada pria ukurannya tidak lebih dari 90 cm.

 

– Istirahat lah yang cukup minimal 6 – 8 jam per hari. Waktu istirahat bisa dikumulatif. Misalnya jika Anda memiliki kesempatan beristirahat siang hari, untuk malam durasinya bisa diperpendek.

 

– Kelola stress. Manusia tidak bisa hidup tanpa stress. Oleh karena itu berusahalah mengelola stress agar tidak merusak tubuh kita. Aktif melakukan meditasi hingga berdoa.

 

– Lepas dahaga Anda dengan minum minimal 2 liter air putih per hari. Dan jangan sering menahan buang air kecil.

 

– Ada penyakit/gejala, segera diobati dengan tuntas. Jangan hanya meminum obat simptomatik / pereda gejala saja. Contoh obat simptomatik: obat anti nyeri untuk radang sendi, badan pegal-pegal atau minum obat batuk (bebas/OTC) jika batuk. Jika lebih dari 3 hari gejala belum sembuh, segera berkonsultasi dengan dokter. Jangan biasakan minum obat simptomatik terus menerus / jangka panjang.

 

– Hindari/kontrol penyakit yang berisiko gagal ginjal seperti: Hipertensi, Diabetes, Infeksi Saluran Kemih, Batu Ginjal, dll.

 

Jika ada hal-hal di atas yang sudah terlanjur dilampaui dan memerlukan konseling dengan tenaga profesional, lakukan segera. Jangan ditunda.

 

 

Demikianlah semoga bermanfaat.

Salam sehat untuk kita semua.

 

Dr. Erik Tapan, MHA

Praktisi Kesehatan

https://DokterErik.com

Web informasi kesehatan dan perumahsakitan

 

Responses (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *