Jika Anda ingin membeli MacBook, ini rekomendasinya

Pernah dengar rumor bahwa tak lama lagi Pemerintah Indonesia akan mengharuskan Apple memiliki kantor cabang di Indonesia? Seperti kita ketahui meskipun pengguna Apple (Iphone, Ipad, Macbook, Apple Watch, dll.) cukup banyak di Indonesia, namun sampai saat ini, Apple belum memiliki kantor resmi di Indonesia. Barang-barang produksi Apple hanya bisa diperoleh melalui importir/distributor seperti I-Box (grup Erajaya) maupun DigiMAP (grup MAP), dll.

Aturan ini (jika tidak diantisipasi dengan baik oleh Apple maupun importirnya) tentu dalam waktu dekat akan membuat tersendatnya impor barang-barang tersebut. Belum lagi dengan gejolak kurs dollar yang tentu memiliki pengaruhnya.

Oleh karena itu, saat ini (April 2024) menurut penulis jika ada yang berminat memiliki macbook, adalah saat yang tepat untuk segera mewujudkannya.

 

Dari berbagai jenis Macbook, penulis memilih Macbook Air M1 (release tahun 2020) sebagai pilihan yang tepat dengan alasan:

– menggunakan chip prosesor yang masih mendukung firmware / OS terbaru / release terakhir.

– harga paling murah dibandingkan dengan adik-adiknya, yaitu M2 (2022) maupun M3 (2024), dengan kinerja yang tidak berbeda jauh.

Meskipun pilihan tersebut bukan yang paling ideal (apalagi jika harga tidak menjadi masalah), namun ada beberapa kelebihan (dan kekurangan) yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih.

Sebagai catatan, sebelum penulis menginformasikan kelebihan dan kekurangan Macbook Air M1 (termasuk daftar harganya saat ini), penulis ingin meng-disclaimer bahwa informasi di bawah ini dikhususkan bagi Anda:

– Bukan IT People / Workers. Tentu jika Anda berkecimpung di dunia IT, info ini bisa disamakan dengan mengajari ikan berenang.

– Anda karyawan / wiraswasta yang sehari-hari menggunakan aplikasi office (wordprocessor, spreadsheet, presentasi, dll.) termasuk meeting dengan Zoom atau Google Meeting dan aktifitas di media sosial, dll.

– Apalagi jika pekerjaan Anda menuntut harus mobile dan mengakses / melakukan pekerjaan di mana saja. Macbook bisa terhubung dengan jaringan wifi.

– Bukan seorang gamer berat.

 

Kelebihan MacBook Air M1

Adapun kelebihan Macbook Air M1:

– bentuknya compact dengan layar hanya 13 inch dengan bobot yang ringan hanya sekitar 1 kiloan

– kejernihan layar cukup jika di dalam ruangan

– tidak perlu repot install anti virus

– mesin bisa hidup terus, tidak perlu menunggu waktu untuk boot/start jika ingin menggunakannya

– baterai awet, bisa tahan untuk kerja selama office hour atau 8 jam, jadi nggak perlu repot membawa charger

– chargernya juga sudah USB type C

– memiliki sensor sidik jari

– sudah terinstal Apple TV

 

Kekurangan Macbook Air M1:

Di samping kelebihan ada kekurangan Macbook Air M1, seperti:

– harga masih agak relatif mahal (dibandingkan Notebook Windows apalagi Chromebook Google). Jadi Macbook ini cocok bagi yang sudah punya kemampuan saja

– baik body maupun layar, mudah menjadi kotor terutama oleh jari2 penggunanya

– hanya memiliki 1 port untuk audio di sebelah kanan dan 2 port di sebelah kiri. Dua port ini dua-duanya type USB-C. Jadi perlu menggunakan USB Hub type C terutama yang memiliki port USB dan untuk kartu memori

– tidak ada port VGA untuk presentasi (kayaknya semua Macbook nggak memiliki ini). Untuk ini bisa menggunakan USB dongle yg memiliki port USB atau HDMI

– tidak banyak aplikasi gratisan

– tidak ada LED di kabel charge yang bisa menunjukkan jika batereinya sudah penuh

– kabel charger tidak mudah lepas / bukan dari magnit

– kapasitas harddisk hanya 256 GB sehingga perlu external harddisk

 

Harga

Adapun daftar harga Macbook Air M1, adalah sebagai berikut:

– Marketplaces:

– second: sekitar 7jutaan

– baru: Rp. 11.500.000

– DigiMAP: Rp. 12.000.000

– I-Box: Rp. 12.500.000

 

Demikian informasi mengenai Macbook Air M1. Semoga bermanfaat bagi yang tertarik.

Terus produktif ya.

 

Dr. Erik Tapan, MHA

Penulis dan Content Creator

Dr Internet sejak tahun 1996

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *