Ginjal  

Review buku Ali Kidney Warrior, menjalani transplantasi ginjal

Membaca buku “Ali Kidney Warrior, menjalani Transplantasi Ginjal puluhan tahun”, penulis jadi teringat buku biografi dari MC Kondang jaman jadul, Kris Biantoro.

Berikut review penulis mengenai biografi Kris Biantoro tersebut, https://www.kompasiana.com/eriktapan/5500b465a333111d72511989/review-buku-kris-biantoro-belum-selesai

Sama seperti pak Kris, dr. Ali ini sempat berkunjung ke Negeri Cina untuk mencoba melakukan transplantasi ginjal.

Kita tahu semua, waktu itu karena kebutuhan organ ginjal cukup banyak dan tidak bisa dipenuhi oleh negaranya, ramai-ramai orang asing melakukan wisata medis ke negeri tirai bambu tersebut.

Sayangnya, tak semua niat baik para pasien gagal ginjal bisa terlaksana. Bagaikan masuk rimba hutan belukar, pasien dan keluarganya harus berjibaku mencari ikhtiar sekedar memperpanjang hidup tanpa perlu cuci darah lagi. Maklum banyak calo yang berkedok ingin membantu memanfaatkan ketidakberdayaan pasien.

Dr. Ali bisa melukiskan dengan detil apa-apa saja suka dan duka saat mengadu nasib menjalani transplantasi ginjal di negeri tirai bambu tersebut.

 

Tak heran banyak suka dan dukanya karena penulis pernah membaca ada pasien dari Indonesia yang sampai perlu ditutup matanya hingga ke tempat operasi (ruko?), saking misteriusnya pelaksanaan operasi transplantasi di sana.

Beruntung dengan dr Ali seperti yang diceritakan dalam bukunya, ia memperoleh kesempatan dioperasi meskipun harus melakukan pulang paksa dari RS di Guang Zhou.

Selengkapnya bisa membaca buku,

Ali Kidney Warrior, dengan spesifikasi:

Judul : Ali Kidney Warrior Menjalani Transplantasi Ginjal puluhan tahun

Penulis : Dr. Ali

Ukuran : 14,5 x 21 cm

Tebal : 85 Halaman

Cover : Soft Cover

No. ISBN : 978-623-162-396-6

Order:

https://shope.ee/99xnzXv8AD

 

Menariknya pada cover belakang diinformasikan bahwa,

Keuntungan penjualan buku ini akan didonasikan ke pasien gagal ginjal yang “sehat” dan produktif sehingga bisa jadi inspirasi bagi pasien lainnya agar bisa belajar menjaga kesehatan dan produktif. 

Mari kita memperkaya khazanah pengetahuan kita sambil beramal.

Sehat selalu.

 

Testi1:

Bagus bukunya, sudah baca 3x masih belum puas. Bukan cuma isi yang menarik, tapi cara menyajikan dan bahasanya. Selamat ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *