Ginjal  

Sudah 10 bulan terapi cuci darah, tetapi kenapa berat badan turun terus

Dok, saya pasien HD sudah 10 bulan, tetapi kenapa berat badan saya menurun terus dari 72 kg sekarang jadi 54kg saja. Apa yang saya harus lakukan?

Jawab:
Ada 3 penyebab umum (penyebab khusus mengenai Anda tentu perlu diskusi dengan Dokter yang merawat langsung) yang bisa menyebabkan seorang pasien HD menurun terus berat badannya.

1. Karena berkurangnya cairan yang berlebih

Seperti kita ketahui sebelum cuci darah, tubuh masih menyimpan cairan berlebih. Dengan semakin lamanya proses cuci darah dilakukan, pelan tapi pasti cairan yang berlebih akan disedot dari dalam tubuh. Asalkan level protein tubuh Anda bisa dipertahakan dalam range normal. Jika terjadi kekurangan protein, cairan tubuh akan sukar ditarik dari darah karena lebih memilih masuk ke rongga perut atau paru.

2. Kurang nafsu makan

Yang kedua, kurang makan / malnutrisi. Hal ini bisa terjadi karena tidak ada nafsu makan, perasaan mual, dlsbnya. Hal ini bisa disebabkan proses cucinya kurang adekuat yang berakibat masih tingginya kadar ureum pasien. Ureum bisa menyebabkan rasa mual sehingga nafsu makan menurun. Dokter sangat menganjurkan pasien untuk makan yang banyak terutama daging dan ikan, sambil tak lupa melakukan cuci darah yang adekuat. Jika perlu, tambah dengan susu Nephrisol D agar kebutuhan protein dan gizi pasien bisa terpenuhi. Ingat bahwa tindakan cuci darah itu sendiri sangat menguras enersi dan zat-zat tubuh lainnya. Jadi harus segera diganti agar tidak tekor. Banyaklah makan tetapi kurangi minum.

3. Aspek Psikis

Masih belum menerima kondisi tubuh sehingga mempengaruhi nafsu makan. Sering-seringlah bergaul sesama pasien agar bisa saling menguatkan. Lama-lama Anda akan menyadari bahwa selain Anda, masih banyak pasien lainnya yang senasib dan mereka ok-ok saja. Makan ya makan aja. Saling becanda, dll. Seru pokoknya.

Salam sehat selalu.

 

Catatan: Info mengenai Adekuasi cuci darah, berat badan kering, dll., bisa membaca buku Penyakit Ginjal Kronis dan Hemodialisis terbitan Elex Media Komputindo Gramedia Group.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *