Ginjal  

Seminar Anemia dan Asupan tepat nutrisi pada pasien PGK dan CAPD

RS Primaya PGI Cikini, Jumat 26 Januari 2024

Anemia bisa dialami hingga 70 persen pasien gagal ginjal baik pria maupun wanita. Demikian penjelasan dr Jonny SpPD KGH, M. Kes, MM dari RS Primaya PGI Cikini Jakarta dalam pertemuam berkala dari Indonesian Kidney Care Club (IKCC), Jumat siang, tgl 26 Januari 2024.

Tidak seperti sedang memberi presentasi atau kuliah, dr Jonny membawakan materi secara santai dan seperti orang bercerita saja. Tak lupa sekali-kali berinteraksi dengan para pasien dan pendamping pasien.

Menurut dr Jonny dalam prakteknya pasien apalagi pendamping pasien sering salah kaprah. Setelah melewati masa pre dialisis yang harus diit serba ketat, saat sudah cuci darah atau CAPD justru diit ketatnya masih berlanjut. Padahal berbeda dengan pasien yang belum dialisis, pasien dialisis harus makan lebih banyak (tapi minum harus dibatasi jika jumlah urine sudah mulai berkurang), bahkan lebih banyak dari orang normal sekalipun. Apa yang tidak boleh dimakan, tidak ada, asalkan tetap memperhitungkan kadar fosfat dan kalium.

Mau makan pisang, boleh saat sedang menunggu waktu cuci darah atau di awal2 proses cuci darah.

Ini diperlukan agar pasien tidak jatuh dalam kondisi malnutrisi hingga anemia.

Nasehat yang baik ini rasanya seperti angin segar bagi para pasien karena selama ini banyak memperoleh informasi (yang mungkin kurang benar) bahwa nggak boleh makan ini, nggak boleh makan itu.

Untuk melengkapi kebutuhan gizi seandainya masih dirasa kurang, dr Jonny menyarankan pasien agar minum susu Nephrisol D pada malam hari. Susu khusus pasien yang sudah menjalani dialisis.

 

Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan pembagian door prizes bagi peserta yang beruntung.

Tak lupa pada kesempatan itu, IKCC menyediakan buku Panduan Cuci Darah dengan judul, Penyakit Ginjal Kronis dan Hemodialisis terbitan Elex Media Komputindo Gramedia Group. Peserta seminar bisa memperolehnya dengan harga discount.

Isinya antara lain daftar bahan makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan bagi pasien cuci darah. Bagi yang ternyata memperoleh buku ini tapi tidak sempat menghadapi acara IKCC, bisa klik https://DokterGinjal.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *